Tuesday, June 29, 2010

Apa Itu Teh Hijau

Teh telah lama dikenal sebagai minuman bercita rasa khas dan sangat berkhasiat bagi kesehatan. Budaya minum teh berasal d a r i cina sejak tahun 2737 sebelum masehi, tepatnya pada masa kaisar Shen Nung berkuasa, kaisar Shen Nung juga di kenal sebagai bapak tanaman obat tradisional Cina. Teh dapat dikelompokan menjadi yaitu teh hijau ( tanpa fermentasi), teh oolong (semi fermentasi), dan teh hitam (fermentasi penuh). Dari ketiga jenis tersebut teh hijau mempunyai khasiat tertinggi untuk pengobatan karena kandungan senyawa katekin paling tinggi antara 16-30 % mekipun kandungan tersebut dipengaruhi juga oleh cuaca (iklim) jenis tanah dan varietas.
Teh hijau yang sangat terkenal dikalangan penikmat teh adalah teh hijau cina dan teh hijau jepang, perbedaanya pada teh hijau jepang terletak pada teknik inaktivasi enzim polifenol oksidasinya dengan cara menggunakan uap panas sehingga didapatkan hasil yang optimal pada kandungan katein nya dan tidak merusak daun teh sehingga warna daun teh nya sangat hijau dan degar. Proses ini memerlukan biaya produksi mahal dan waktu yang lebih lama, sehingga wajar harga teh hijau jepang jauh lebih mahal karena sebanding dengan kualitas teh yang di hasilkan. Teh hijau jepang “walini”diambil dari bahan baku yang berkualitas tinggi, ditanam secara organik tanpa pemupukan kimia, dan terhindar dari polusi karena ditanam didaerah dataran tinggi yang setiap saat terselimuti oleh kabut, di dapat dari varietas terbaik yaitu dari varietas “sencha” yang pemetikanya dilakukan setahun dua kali pemetikan, yaitu pada bulan mei dan agustus.

Diantara senyawa kimia yang paling besar perananya untuk kesehatan dan pengobatan adalah zat katekin. Katekin sudah lama ditemukan dalam dunia ilmu kedokteran modern berfungsi untuk memperlancar pembuluh darah, kelebihan kolesterol, tumor, kanker dan untuk menormalkan metabolisma tubuh.Dalam penilitian juga ditemukan bahwa kemampuan katekin teh hijau dalam menangkap radikal bebas seratus kali lebih efektif dibanding dengan vitamin C dan dua puluh lima kali lebih efektif daripada vitamin E. Didalam teh hijau juga ditemukan banyak protein, asam amino essensial dan mineral-mineral yang sangat diperlukan tubuh yaitu magnesium, kalium, flour, natrium, kalsium, seng, mangan, cuprum, dan trace mineral. Kandungan vitamin dalam teh hijau meliputi vitamin C, K, A, B1 dan B2.
KHASIAT TEH HIJAU JEPANG
  1. Sebagai anti kanker dan tumor, kandungan terbesar dalam teh hijau adalah senyawa epigalo katekin galat (EGCG), zat ini sangat efektif untuk mencegah kanker. ( Peneliti dari universitas Murcia Spanyol dan John Innes center di Norwich Inggris)
  2. Sebagai anti mikroba dan anti bakteri, zat yang terdapat dalam teh hijau terbukti dapat menghambat penyakit kolera yang diakibatkan oleh bakteri, dapat menghambat bakteri yang menyebabkan typus, diare, disentri,dan dapat juga menghambat bakteri yang merugikan pada usus besar.
  3. Menurunkan tekanan darah tinggi, ( penelitian Yokogoshi et 1995, jepang) dalam teh hijau adanya zat L-theanin yang sangat efektif untuk menurunkan tekananan darah
  4. Teh hijau untuk kesehatann jantung dan atasi penyakit jantung koroner. Para ilmuwan jepang menemukan zat dalam teh yaitu angiotensine converting enzime (ACE), zat tersebut sangat efektif untuk terhindar dari serangan mendadak penyakit jantung yang menyebabkan kematian seketika.
  5. Dapat membantu mengurangi penyakit ginjal, penelitian di china menyimpulkan katekin dalam bentuk EGCG adalah zat yang paling dominan dan paling berkhasiat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit ginjal.
  6. Sebagai anti diabetes, zat mangan (Mn) yang terkandung dalam teh bisa menguraikan gula menjadi energi, dengan demikian teh bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah,seperti diketahui, tingginya glukosa dalam insulin dalam darah memungkinkan orang terkena diabetes.
  7. Menurunkan kolesterol, sangat efektif menurunkan kolesterol LDL, kolesterol LDL dalam darah yang berperan dalam pembentukan plak dalam pembuluh darah, sehingga terjadi penyumbatan
  8. Teh hijau cegah napas tak sedap, dua penelitian menyatakan secangkir teh hangat dapat menyegarkan mulut, karena senyawa katekin mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang ada dimulut samapai 30% dan mengurangi produksi senyawa penyebab napas tak sedap.
  9. Cantik dengan teh hijau, merupakan antioksidan penyegar kulit dan pengatur keseimbangan radikal bebas yang dapat memperlambat proses penuaan. Para peneliti di amerika menemukan pengaruh penggunaan teh hijau pada kulit hingga 90% dan sangat efektif melindungi kulit dari sinar matahari yang menyebabkan penyakit kanker kulit. Para wanita jepang membiasakan mencuci muka dengan air teh yang telah direndam satu malam, peresapan air teh melalui pori-pori wajah bisa membuat kulit muka selalu terlihat kencang dan bersinar sehingga memberi kesan awet muda.
  10. Langsing dengan teh hijau, Penelitian di perancis menunjukan bobot perempuan gemuk yang minum teh hijau dalam dietnya akan akan turun tigakali lebih banyak dan lebih cepat daripada mereka yang tidak minum teh hijau. Sementara itu perempuan yang minum teh hijau ukuran pinggangnya turun empat kali lebih besar dari pada mereka yang tidak minum teh hijau. Polifenol dalam teh hijau akan menghambat penyerapan vitamin B1, hal ini akan mengurangi metabolisme gula darah yang selanjutnya berpengaruh pada pengurangan berat badan. Tentu saja kebiasaan ini harus dibarengi dengan mengurangi makanan lain yang berpotensi menggemukan seperti sumber makanan karbohidrat dan lemak.
  11. Khasiat lainya teh hijauantara lain: Meningkatkan kekebalan tubuh, dapat digunakan untuk penderita Parkinson, mencegah karies pada gigi, mencegah oksidasi pada membran butir darah sehingga dapat melindungi kerusakan butir darah merah, dapat melancarkan sekresi air seni, dapat mencegah osteoporosis yang menyebabkan massa tulung menyusut sehingga tulang menjadi mudah patah dan badan membungkuk, dapat digunakan juga sebagai anti alergi.
Cara menghidangkan ;
  1. Masukan 2 Sendok teh penuh ke dalam poci tuangkan air masak (untuk ukuran tiga cangkir atau sekitar 500 ml) dengan suhu sekitar 75-100 derajat celcius, biarkan larut 60-90 detik.
  2. Tuang dan pisahkan ampas dari air teh tersebut.
  3. Ampas teh bisa disedu lagi tiga samapai empat kali.
  4. Minum saat masih hangat sesudah makan.
Saran penyimpanan Tutup rapat kantong aluminium foil simpan pada udara sejuk atau lemari es pada suhu, hindarkan terkena sinar matahari langsung, simpan di tempat yang kering.

No comments:

Post a Comment